Langsung ke konten utama

KAMI KONTRAKTOR OAP SIAP UNTUK TENDER SEGERA BERI RUANG YANG MURNI : KEPALA OPD STOP INTERVENSI POKJA, POKJA STOP TERIMA SUAP






KAMI KONTRAKTOR OAP SIAP UNTUK TENDER SEGERA BERI RUANG YANG MURNI : KEPALA OPD STOP INTERVENSI POKJA, POKJA STOP TERIMA SUAP

Saya Selaku Pengusaha atau Kontraktor Lokal Orang Asli Papua (OAP), di Kabupaten Mimika yang tergabung dalam Kamar Adat Pengusaha Papua sangat berharap adanya perubahan dalam Pemerintahan, yang saya lebih soroti dalam hal ini  mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah atau (tender)  yang ada dalam Pemerintahaan Kabupaten Mimika, sebagai mana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (“Perpres 16/2018”) dan perubahannya, maupun Peraturan Presiden Nomor 17 tahun 2019 Hendaklah berjalan semetinya.saya kira dalam Peraturan Peresiden Nomor 17 Tahun 2019, sudah sangat Memihak bagi Kami Kontraktor/Penyedia Jasa khususnya Bagi Kami OAP. Untuk itu saya sangat mendukung Adanya keterbukaan Infromasi dan Perubahan yang selama selama ini di giatkan oleh bapak Plt Bupati Mimika baru baru ini, seperti halnya dalam sebuah acara sosialisasi SIRUP oleh BPBJ Pada selasa 31 Januari 2023 yang saya baca penyampaian melalui Seputra Papua.com bahwa “Jadi tidak ada lagi OPD keluarkan SK panitia lelang, semua dikeluarkan oleh BPBJ. Kalau kita tidak lakukan itu maka tahun depan kita terpaksa ikut di kabupaten terdekat. Tahun depan kita harap PBJ punya ruangan yang khusus, jadi kalau ada yang punya sertifikat bisa diseleksi untuk masuk,”

Saya harap perubahan itu terjadi ke arah yang lebih baik, dan saya Tegaskan lagi “STOP” setiap Kepala OPD intervensi Panitia Lelang, paket pekerjaan yang nilainya 1 Milyar Keatas agar ruang tender Murni, bagi Kami Kontraktor OAP yang siap dan Bisa mengikut tender di Ruang kami sebagaimana tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 17 tahun 2019, yang berikutnya Panitia Panitia Lelang dan Pokja Bila Perlu pada saat lelang kami minta kepada Kepada Kepala Kejari Mimika atau KPK, Komisi Infomasi Publik, untuk memantau Mekanisme tender yang semestinya. Bila perlu Memantau Tender mekanisme tender yang ada. Jika kami Kurang dan kalah gugur dalam hal Administrasi, Penawaran nilai, bahkan Pengalaman Kerja Perusahaan itu kami maklumi, dan menjadi bahan pembelajaran bagi kami kedepan karna Kegagalan Kami dalam persiapan Tender,  dari kesalahan, kegagalan, ini kami akhirnya dapat belajar, agar kami bejar untuk terus mengasah meningkatkan kualitas dan Kesiapan Kami sebagai Kontraktor OAP, kami apalagi kami sebagai anak daerah yang siap bersaing di dalam Mekanisme tender yang ada,

Ruang Seperti ini yang kami harapkan terjadi selama ini, bagi kami Sebagai Kontraktor OAP, saya harap dengan dengan adanya BPBJ saat ini, dan semua Panitia di bawa Kendali BPBJ tidak ada lagi konfilk kepentingan seperti yang lumrah terjadi selama ini,  Paket Titipan titipan, Pejabat, Keluarga dan Kerabat, Petinggi bahkan DPRD, ini Ruang Ternder murni, saya Harap Kepala BPBJ Kabupaten Mimika dalam Hal ini Bapa  Bambang Wicaksono S.sos., M,si dalam pernyataan Beliau di papua60detik.com bahwa “tahun 2023 nanti, kelompok kerja (Pokja) akan ditempatkan langsung di BPBJ. Bukan di OPD masing-masing, saya harap dapat terlaksana, saya pun sebagai Kontraktor OAP, sangat menharapkan hal ini”.

Penyataan diatas hendaklah berjalan semetinya, Kita semua tau bahwa bukan hal yang Baru sebelumya, bahwa POKJA dan Panita Melekat di dinas maupun OPD masing masing bagaimana kita mau ikut tender seperti begini menang murni itu omongkosong, pasti sudah ada yang perusahan yang di siapkan untuk menang, mereka yang dengan modal Besar datang ketemu kepala OPD, kepala OPD tekan  panita, atau panitai yang terima suap langsung dari yang dia akan Menangkan  perusahaan teribut, pastinya yang sudah di tentukan, itu bukan hal yang baru di Kabupaten Mimika. Ini merupakan Rahasia Publik, jadi saya Berharap Pembenahan yang selama ini di sampaikan Oleh Bapak Plt. Bupati Mimika, Bapak Bambang Wicaksono Selaku Kepala BPBJ terjadi yang kami semua harapakan. 

Jadi saya Pribadi dan Mewakili teman teman Kontraktor OAP baik di KAPP,  Baik di KADIN, Baik di GAPENSI, dan Organisasi Pengusaha Lainnya, di Kabupaten Mimika yang siap untuk memasuki tender di Tahun 2023, ini saya harap mari kita semua saling bergadeng tangan sama sama saling mengawasi mekanisme teder yang ada, berjalan sebagimanan mestinya, Kesempatan ini sudah ada, janngan kita sibuk saling jatuh menjatukan tetapi mari kita sama sama bergandenga tangan untuk mimika yang lebih baik, Transparan, dan Akuntabel. Saya kira kita anak anak papua khusunya Kontraktor OAP saat ini sudah siap sekali, untuk figth dan siap sekali untuk bertanding, saya harap bagi kepala kepala OPD dan Pokja dan Panitia panitia Lelang satu kata Penutup “ jangan Ada Dusta diantara Kita” aturan Jelas.  

Komentar